header-int

Kuliah Umum : Tadris Matematika Bahas Internalisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Matematika

Senin, 04 Jul 2022, 08:36:56 WIB - 72 View
Share
Kuliah Umum : Tadris Matematika Bahas Internalisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Matematika

   Jember - Kuliah Umum Program Studi Tadris Matematika UIN KHAS Jember kembali dilaksanakan pada Sabtu (18/06/22) yang berlangsung di Ruang Rapat FTIK Lantai 2. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 70 mahasiswa angkatan 2020 Program Studi Tadris Matematika. Mengusung tema “Internalisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Matematika”. Kuliah tamu tersebut menghadirkan Dosen Program Studi Pendidikan Matematika UIN Maliki Malang, Dr. Abdussakir, M.Pd.

    Dr. Abdussakir, M.Pd. sebagai pemateri dalam sambutannya mengungkapkan bahwa dengan berlangsungnya acara kuliah umum dapat menjadi bekal mahasiswa untuk bisa mengintegrasikan Islam dengan matematika itu sendiri. Karena kita tahu sendiri bahwa matematika bukanlah hal yang ditakuti melainkan kita sebagai warga matematika semestinya tidak hanya mengaplikasikan pembelajaran matematika dalam kehidupan, tetapi mampu juga mengintegrasikan nilai-nilai islam dalam bidang matematika itu sendiri.

    Kegiatan tersebut dimulai dengan kalam ilahi yang dibawakan oleh mahasiswa angkatan 2020 sendiri dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu indonesia raya yang diikuti oleh seluruh peserta yang hadir dalam acara kuliah umum. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Abdussakir dengan menampilkan power point dalam layar monitor. Menariknya ditengah penyampaian materi terdapat kuis hitung cepat yang dimana kuis tersebut berhasil dijawab oleh mahasiswa angkatan 20 yaitu saudari ainurrohma.

    Kuliah umum ini merupakan serangkaian kegiatan yang telah berlangsung selama beberapa bulan, dan bukan menjadi yang pertama dalam kegiatannya. Program studi tadris matematika tidak hanya menghadirkan dosen kampus sendiri melainkan turut mengundang dosen kampus lain sebagai kolaborasi antara mahasiswa dengan dosen luar. Agar mahasiswa dapat beradaptasi dengan pemodelan dosen yang berbeda. Hal ini tentunya disambut hangat oleh para mahasiswa karena selama diadakannya kuliah dosen umum, diketahui peserta yang turut hadir sangatlah banyak. Sehingga diharapkan dari selepasnya acara kuliah umum ini dapat menjadikan mahasiswa sebagai calon pengajar yang baik serta mampu mengimplementasikan pembelajaran yang diberikan oleh dosen baik dari dalam kampus maupun luar kampus. /tw

Unidha Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Kyai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, UIN KHAS Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda.
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube