header-int

Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Tadris Matematika Melalui Pelatihan Poster di Era Digital

Kamis, 02 Jun 2022, 18:12:33 WIB - 101 View
Share
Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Tadris Matematika Melalui Pelatihan Poster di Era Digital

   Jember – 29 Mei 2022 Program Studi Tadris Matematika UIN KHAS Jember mengadakan pelatihan poster matematika secara online yang dimulai pukul 08.00-10.00 WIB. Acara yang berlangsung selama 2 jam itu diikuti sebanyak 89 mahasiswa aktif tadris matematika. Salah satu agenda yang direncanakan oleh program studi ini disambut hangat oleh warga tadris matematika.

  Zuhal Firdaus, S.Pd selaku pemateri dalam pelatihan poster matematika mengungkapkan bahwa keikutsertaannya sebagai pemateri adalah suatu kebanggan tersendiri. Hal ini dikarenakan ia dapat berbagi ilmu dengan adik-adik mahasiswa serta dapat sharing terkait bagaimana memanfaatkan aplikasi desain grafis untuk pembuatan poster digital matematika.

    Dalam pelatihan ini, Zuhal Firdaus yang akrab disapa zuhal ini terfokus pada penggunaan canva sabagai alternatif pembuatan poster digital. “Penggunaan Canva sebagai media grafis saat ini khususnya generasi Z sudah banyak yang mengenal, tinggal bagaimana optimalisasi penggunaan Canva untuk membuat desain-desain kreatif khususnya poster digital matematika” ujarnya.

     Pelatihan ini tidak hanya sebagai arahan tentang bagaimana pembuatan poster, melainkan outputnya adalah peserta membuat poster yang dikirimkan kepada panitia. Sehingga acara ini diharapkan mampu membangun kreatifitas mahasiswa untuk menciptakan poster matematika yang ber-ISBN serta membawa manfaat untuk perkembangan keilmuan matematika.

     Sebagai langkah awal dalam kegiatan di prodi tadris matematika, pelatihan poster ini dinilai sebagai salah satu kegiatan pembuka setelah kurang lebih 2 tahun lamanya kegiatan di kampus dilakukan secara online. Fikri Apriyono, M. Pd  selaku koordinator prodi mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wadah dalam kordinasi antara mahasiswa dengan prodi, dan juga diharapkan dapat meningkatkan akreditasi prodi tadris matematika itu sendiri. “jadi memang merupakan kegiatan awal mahasiswa tadris matematika untuk lebih mampu mengekspresikan karya-karya mereka sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat, yang nantinya prodi dapat memfasilitasinya”./tw

Unidha Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Kyai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, UIN KHAS Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda.
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube