header-int

SEMINAR NASIONAL : Riset & Publikasi Pendidikan Matematika Sejak Dini untuk Menyongsong Prodi Unggul

Rabu, 12 Okt 2022, 00:02:40 WIB - 96 View
Share
SEMINAR NASIONAL : Riset & Publikasi Pendidikan Matematika Sejak Dini untuk Menyongsong Prodi Unggul

    Jember-Sabtu,(01/10/2022) Program Studi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq Jember mengadakan seminar nasional dengan mengusung tema “Riset dan Publikasi Pendidikan Matematika Sejak Dini untuk Menyongsong Prodi Unggul”. Seminar Nasional tersebut dihadiri oleh segenap mahasiswa dari Program Studi Tadris Matematika UIN KHAS Jember serta mahasiswa diluar kampus UIN KHAS Jember. Seminar tersebut dibuka secara umum dan diperuntukan kepada mahasiswa semester 1, 3 dan 5.

   Narasumber utama dalam seminar nasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Tadris Matematika adalah Bapak Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd. Beliau merupakan dosen sekaligus Kepala Program Studi Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dapat diketahui bahwasannya menjadi narasumber dalam acara seminar nasional bukanlah hal yang pertama, karena bapak ibrahim telah menjadi narasumber di beberapa seminar baik itu nasional maupun internasional.

     Pelaksanaan seminar tersebut diselenggarakan secara online melalui zoom meeting. Ismi Jestika Putri, salah satu mahasiswa UIN KHAS Jember selaku MC pada acara seminar nasional membuka acara tersebut dengan diawali pembukaan lalu menyanyikan lagu indonesia raya dan syubbanul wathon kemudian dilanjutkan oleh kalam ilahi. Kemudian agenda selanjutnya yaitu prakata ketua panitia yaitu Muhammad Imron, kemudian dilanjutkan oleh prakata dari bapak Koordinator Program Studi Tadris Matematika, yaitu bapak Fikri Apriyono, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya, bapak Fikri mengungkapkan bahwasannya melalui seminar nasional inilah yang nantinya dapat memberikan kita pembekalan untuk menuju prodi unggul terlebih lagi prodi kita sendiri, karena dengan penyampaian dari narasumber kita bisa mengetahui bagaimana cara menyongsong prodi yang lebih unggul melalui riset dan publikasi matematika.

   Agenda selanjutnya yaitu pemaparan materi dengan diawali pembacaan CV Bapak Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd yang dibacakan oleh Yuli Alfiatur Riski selaku moderator. Kemudian dilanjut pemberian materi seputar riset dan publikasi pendidikan dimana dalam pemaparanya dijelaskan bagaimana cara kita untuk membuat sebuah artikel yang nantinya dapat tembus menuju jurnal nasional maupun internasional. Selain itu diberikannya cara untuk mengetahui jurnal yang berkualitas contohnya yaitu terbit online yang ber-ISSN. Di akhir materi, terdapat sesi tanya jawab dari peserta seminar yang dijawab secara langsung oleh pemateri. Diakhir penyampainya, pemateri menyampaikan bahwasanya kita haruslah memulai terlebih dahulu dengan cara menulis dan membaca, kemudian nantinya akan terbiasa sehingga tulisan kita akan berkualitas dan mampu diterbitkan dalam jurnal nasional maupun internasional. /Tw

Unidha Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Kyai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, UIN KHAS Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda.
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube