header-int

Dosen IAIN Madura Membuat Mahasiswa Tadris Matematika UIN KHAS Antusias Belajar Geometri Dasar

Sabtu, 11 Jun 2022, 21:00:43 WIB - 48 View
Share
Dosen IAIN Madura Membuat Mahasiswa Tadris Matematika UIN KHAS Antusias Belajar Geometri Dasar

Jember - Kuliah Dosen Tamu kembali diadakan oleh Program Studi Tadris Matematika UIN KHAS Jember dengan mengusung materi Geometri Dasar sebagai pembahasan. Kegiatan ini berlangsung selama 3 pertemuan yaitu setiap hari Jumat yang dimulai pada tanggal 27 Mei  2022 dan diakhiri pada Jumat 10 Juni  2022. Dimulai pada pukul 9.30 hingga 11.00 WIB yang dilakukan secara online melalui Zoom Meeting. Dihadiri oleh segenap mahasiswa tadris matematika angkatan 2021 dimana acara kuliah tamu ini memang  difokuskan pada mahasiswa semester 2. 

Dosen tamu pada kesempatan kali ini yaitu  Bapak Dimas Danar Septiadi, S.Pd, M.Pd selaku Dosen Matematika di IAIN Madura. Beliau mengungkapkan bahwasannya Geometri Dasar memanglah menjadi rumpun sejak dulu. Selain itu kehadiranya dalam acara dosen tamu ini rupanya menjadi tantangan tersendiri baginya, hal ini karena pemberian mata kuliah geometri dasar secara daring. “Seperti diketahui Geometri Dasar itu banyak pembuktian, jadi saya merasa tertantang wah gimana ya menjelaskan pembuktian geodas ini dengan menggunakan zoom, dan ternyata mahasiswa juga sangat antusias” tuturnya. 

Acara kuliah tamu ini berlangsung dalam 3 pertemuan dengan setiap pertemuannya membahas materi yang berbeda, pertemuan yang pertama mengenai Teorema Hipotenusa-Kaki dan Teorema Ketidaksamaan Segitiga. Kemudian pertemuan kedua membahas Ketidaksamaan 2 Segitiga serta Konsep Definisi Tegak Lurus dan pertemuan terakhir yaitu berkaitan dengan Bidang dan Garis Tegak Lurus. Selain itu juga di setiap penyampaian materi diadakannya sesi tanya jawab sehingga bagi mahasiswa yang belum memahami bab tersebut dapat secara langsung bertanya dengan memanfaat fitur raise hand pada zoom meeting tersebut. 

Dilain sisi acara dosen tamu ini rupanya juga menjadi ketertarikan tersendiri bagi mahasiswa prodi tadris matematika. Hal ini dikarenakan pembawaan materi dengan cara mengajar antara dosen satu dengan dosen lainnya berbeda walaupun materi yang disampaikan sama. “Bagi saya kegiatan tersebut sangatlah seru, meskipun harus sedikit beradaptasi. Karena dari acara dosen tamu ini kita bisa mengenal dosen dari kampus lain, dan tak kalah menariknya kebetulan juga Bapak Dimas dulunya merupakan salahsatu dosen tadris matematika, sehingga banyak sekali ilmu dan motivasi yang bisa kami dapatkan dari beliau” ucap Silviana  salah satu mahasiswa tadris matematika. 

Harapan kedepannya setelah terlaksananya Kuliah Dosen Tamu ini agar warga tadris matematika lebih mampu memahami mata kuliah Geometri Dasar khususnya. Seperti yang diungkapkan oleh Bapak Dimas yaitu yang terpenting bagaimana menerapkan pola berpikir analitis geometri dalam menyelesaikan masalah. Tidak hanya geometri saja tapi juga semua masalah yang berhubungan dengan analisis yang lain. Hal tersebut juga diungkapkan oleh Silviana  terkait selepas acara dosen tamu ini agar bisa berkelanjutan serta output yang ada tentunya dari kegiatan ini./tw

Unidha Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Kyai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, UIN KHAS Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda.
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube