header-int

Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Jember luncurkan aplikasi edukasi berbasis Android

Jumat, 12 Jul 2019, 08:25:37 WIB - 869 View
Share
Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Jember luncurkan aplikasi edukasi berbasis Android

Kabar gembira datang dari Program Studi Tadris Matematika IAIN Jember. Pasalnya mahasiswa semester tujuh berhasil meluncurkan aplikasi pembelajaran matematika berbasis Android. Adanya kegiatan pembuatan aplikasi ini merupakan sebagai tugas akhir mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Media Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer yang diampu oleh Bapak Muh. Harawan Dimas Jakaria, M. Pd. Selain itu, adanya kegiatan ini juga untuk mewujudkan secara nyata visi dan misi dari Program Studi Tadris Matematika yang berbasis ICT (information and Communication Technologies).

Pembuatan aplikasi berbasis Android ini awalnya dikarenakan melihat dari pasarannya Android menjadi hal yang berkembang sangat pesat di tengah masyarakat saat ini. Sehingga dengan adanya aplikasi ini dapat mempermudah dalam menghitung, mencari penyelesaian soal matematika, dan memahami konsep matematika bagi masyarakat luas, khususnya civitas akademika baik di sekolah maupun di perguruan tinggi.

Karena program ini merupakan pertama kali diadakan di Program Studi Tadris Matematika IAIN Jember maka tidak menutup kemungkinan adanya kendala dalam pembuatan aplikasi ini. " Kendala dari pembuatan aplikasi ini salah satunya ialah waktunya yang bisa dibilang terbatas yaitu 2 bulan karena saat itu bersamaan dengan pelaksanaan magang 2. Materi yang terbatas dan spesifikasi dari laptop yang ada juga termasuk dari kendala dari pembelajaran ini. Tetapi ini bukan kendala secara umum, masih banyak juga kendala-kendala dari mahasiswa yang lain", ujar Yuni Ismawati mahasiswa Tadris Matematika semester tujuh.

Yuni juga berharap dari adanya program ini semoga dapat bermanfaat bagi orang lain dan dapat meningkatkan grade/ nilai akreditasi Program Studi Tadris Matematika IAIN Jember menjadi lebih baik lagi serta dapat mengangkat nama baik Program Studi baik di fakultas maupun di institut. 

Unidha Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Kyai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, UIN KHAS Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda.
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube