header-int

MATRIKS COMPETITION III IAIN Jember 2019 Sukses Digelar di Tujuh Rayon

Minggu, 21 Apr 2019, 10:56:23 WIB - 763 View
Share
MATRIKS COMPETITION III IAIN Jember 2019 Sukses Digelar di Tujuh Rayon

Matematika, Nalaria, Realistik, dan Rasional (MATRIKS) Competition merupakan ajang olimpiade matematika yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Matematika IAIN Jember dan untuk pertama kali diselenggarakan tahun 2017. Tepat pada tanggal 3 Maret 2019 kemarin, telah terselenggara Matriks Competition yang ketiga. Matriks Competition yang ketiga ini diselenggarakan tingkat SD/MI se-karesidenan Besuki dan Lumajang, serta SMA/MA/SMK se-tapalkuda dengan tema “Generate Mathematical Intelligence For Z-Generation Through Matriks Competition”.

Pelakasanaan babak penyisihan olimpiade kali ini pada tanggal 3 Maret 2019 dan diselenggarakan di tujuh rayon, yakni di rayon Jember, Lumajang, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi, dan Pasuruan. Kemudian pelaksanaan babak semifinal dan final pada tanggal 10 Maret 2019 di IAIN Jember.

Menurut Sutan Daiyan Raifa Zaydan selaku juara 1 SD ia senang dan bersyukur telah menjadi juara dalam Matriks Competition ketiga ini. Begitu pula dengan Cintania Syurga sebagai juara 1 SMA, ia mengaku senang dan bangga dapat mendai juara, menurutnya soal yang diberikan di setiap babak cukup sulit meskipun ia telah sering mengikuti olimpiade matematika sejak Sd dan terbiasa mengerjakan soal matematika setiap harinya.

“Tema acara kali ini bertujuan menumbuhkan jiwa pengetahuan matematika kepada generasi Z melalui matriks competition ketiga, jadi harapan kita dengan adanya matriks competition ketiga ini dapat menjadi ajang pengolah pola pikir siswa agar lebih cakap menganalisis dan menyelesaikan masalah mengenai matematika. Jadi kami berharap dengan adanya matriks ini bisa memberikan output yang baik pagi para peserta”, ujar Dimas Bagus Wiliyanto selaku ketua panitia SMA.

Unidha Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Kyai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, UIN KHAS Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda.
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube