tadrismtk@uinkhas.ac.id 0331487550

Pelatihan Puisi Matematika : Mengupas Keunikan Puisi Matematika

Home >Berita >Pelatihan Puisi Matematika : Mengupas Keunikan Puisi Matematika
Diposting : Selasa, 07 Jun 2022, 10:20:33 | Dilihat : 360 kali
Pelatihan Puisi Matematika : Mengupas Keunikan Puisi Matematika


Jember – Program Studi Tadris Matematika UIN Khas Jember kembali mengadakan pelatihan puisi tepatnya pukul 08.00 hingga 10.00 WIB minggu pagi (5/6/2022). Pelatihan ini merupakan pelatihan kedua setelah pelatihan poster digital yang diselenggarakan oleh prodi tadris matematika minggu kemarin. Adapun kegiatan ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian pemberian materi hingga pembacaan doa. Dihadiri oleh segenap mahasiswa tadris matematika dari angkatan 18 hingga angkatan 21.

Bintana Alin Hilwah S.Pd sebagai pemateri dalam pelatihan puisi yang juga merupakan alumni dari program studi tadris matematika. Penulis buku yang berjudul “Saat Perempuan Memimpin antara Cinta, Keluarga, dan Air mata" mengungkapkan bahwa tantangan pembuatan puisi matematika sendiri yaitu perlunya pemahaman terhadap konsep matematika. “Tantangannya yaitu kita harus benar-benar paham terkait konsep matematikanya, karena tidak mungkin mengkorelasi konsep matematika terus mengimplementasikan dengan diksi yang salah. Sehingga pengusaan konsep matematika itu sendiri yang harus diperhatikan” ujarnya saat diwawancarai.

Hal yang membedakan antara pembuatan puisi matematika dengan puisi pada umumnya yaitu pada pemilihan kata serta diksi. Karena puisi matematika ini terfokus pada kata kunci seputar matematika yang nantinya akan dipadukan dengan diksi yang tepat sehingga terbentuklah puisi yang baik. Sebagai output dalam pelatihan ini yaitu peserta diminta membuat karyanya sendiri yang nantinya puisi matematika tersebut akan dijadikan antologi puisi. Selain itu, pemateri juga berharap dengan diadakannya pelatihan ini dapat meluncurkan buku antologi puisi matematika Ber-ISBN.

Pelatihan Puisi ini juga merupakan serangkaian kegiatan dari prodi sebagai bentuk antusias dalam peningkatan akreditasi. Yuli Afiatur Riski, selaku ketua panitia menyampaikan bahwasannya selain sebagai sarana mahasiswa dalam mengembangkan bakat mahasiswa dibidang seni, pelatihan puisi ini juga dapat menjadi pendukung atau pendorong proses pendekatan akreditasi prodi. Sehingga adanya serangkaian kegiatan tersebut warga tadris matematika diharapkan dapat berkontribusi dalam mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh program studi tadris matematika./tw

Berita Terbaru

MENGINSPIRASI: DUO SYAIFUL, MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA FTIK UIN KHAS JEMBER MANFAATKAN BULAN RAMADHAN UNTUK MENGASAH SEMANGAT BERWIRAUSAHA
24 Mar 2024By oprmtk
PRODI TADRIS MATEMATIKA ADAKAN REVIEW BORANG AKREDITASI GUNA TERVERIFIKASI UNGGUL
17 Oct 2023By oprmtk
HMPS TADRIS MATEMATIKA ADAKAN SEMINAR KEWIRAUSAHAAN GUNA CIPTAKAN WIRAUSAHAWAN MUDA MENUJU INDONESIA EMAS 2045
13 Oct 2023By oprmtk

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;