tadrismtk@uinkhas.ac.id 0331487550

Workshop Penelitian Tindakan Kelas sebagai Upaya Peningkatan Mutu Profesionalitas Guru oleh Program

Home >Berita >Workshop Penelitian Tindakan Kelas sebagai Upaya Peningkatan Mutu Profesionalitas Guru oleh Program
Diposting : Jumat, 06 Mar 2020, 05:44:32 | Dilihat : 869 kali
Workshop Penelitian Tindakan Kelas sebagai Upaya Peningkatan Mutu Profesionalitas Guru oleh Program


Sabtu (29/2) Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri Jember mengadakan Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pemateri bapak Dimas Danar Septiadi, M.Pd. Beliau merupakan Dosen Prodi Tadris Matematika IAIN Jember sekaligus anggota organisasi ADEMPETA (Asosiasi Dosen Matematika dan Tadris Matematika) PTKIN. 
Ada beberapa penjelasan dalam workshop tersebut, diantaranya beliau menyampaikan bagaimana membuat penelitian tindakan kelas yang baik serta apa perbedaan penelitian tindakan kelas dengan jenis penelitian-penelitian yang lain. Dalam workshop  kali ini beliau juga memaparkan beberapa poin penting lainnya, seperti pengertian PTK, karakteristik PTK, peran peneliti, sifat PTK dan prinsip PTK.
Selain itu, beliau juga membahas tentang struktur proposal dalam PTK. Beliau mengatakan, “Secara umum penulisan proposal dalam penelitian tindakan kelas tidak jauh berbeda dengan proposal pada umumnya, namun letak perbedaan dalam penyusunan ada pada latar belakang masalah, pada  pada bagian ini berisi beberapa aspek diantaranya penyebab munculnya masalah serta solusi yang ditawarkan.”
Workshop yang diadakan di Aula Perpustakaan IAIN Jember ini diikuti kurang lebih 100 peserta yang meliputi 25% guru dan 75% mahasiswa. Acara yang berlangsung selama 2 jam inipun mendapat antusias yang sangat besar, hal ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan serta keaktifan peserta dalam mengikuti workshop tersebut.
Memasuki sesi terakhir, bapak Dimas Danar Septiadi, M.Pd selaku pemateri  meminta untuk semua peserta workshop melakukan sedikit intermezzo dengan melakukan “work”, dimana dalam “work” tersebut beliau meminta kepada peserta agar membuat sebuah latar belakang dan indikator ketercapaian tindakan. Sebelum acara diakhiri, pemateri menunjuk beberapa peserta yang telah selesai dengan tugas tersebut dan diminta untuk membacakan hasil pekerjaan mereka kemudian pemateri meluruskan apabila dirasa ada yang kurang tepat dalam tugas tersebut.
Acara workshop PTK ini ditutup dengan kesimpulan yang dipaparkan oleh Yusril Achmad Fathoni selaku moderator workshop. Sebelum acara berakhir, bapak Dimas Danar berharap pelaksanaan workshop ini dapat bermanfaat bagi para guru dan calon pendidik kelak apabila mereka ingin membuat suatu penelitian tindakan kelas.

Berita Terbaru

MENGINSPIRASI: DUO SYAIFUL, MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA FTIK UIN KHAS JEMBER MANFAATKAN BULAN RAMADHAN UNTUK MENGASAH SEMANGAT BERWIRAUSAHA
24 Mar 2024By oprmtk
PRODI TADRIS MATEMATIKA ADAKAN REVIEW BORANG AKREDITASI GUNA TERVERIFIKASI UNGGUL
17 Oct 2023By oprmtk
HMPS TADRIS MATEMATIKA ADAKAN SEMINAR KEWIRAUSAHAAN GUNA CIPTAKAN WIRAUSAHAWAN MUDA MENUJU INDONESIA EMAS 2045
13 Oct 2023By oprmtk

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;